Minggu, 01 September 2019

Wisata Semarang,Jateng

SAM POO KONG , SEMARANG

Berkas:Sampokong plakat.JPG

Kelenteng Gedung Batu Sam Po Tong (Tionghoa三保洞), (ini artinya dalam bahasa Indonesia adalah Goa tiga orang sakti) adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho.catatan : tidak semua anak buah kapal beragama Islam. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislaman dengan ditemukannya tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an".
Disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan gua batu besar yang berada di sebuah bukit batu. Orang Indonesia keturanan China ( Tiong Hoa) utk.mengenang Zheng He dan teman temannya maka dibangunlah sebuah kelenteng. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Meskipun Laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi mereka menganggapnya sebagai dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tao menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Semarang,Jateng

SAM POO KONG , SEMARANG Kelenteng Gedung Batu Sam Po Tong  ( Tionghoa :  三保洞 ), (ini artinya dalam bahasa Indonesia adalah Goa tiga...